Soal-soal Essay Informatika kelas 7
1.
Apakah yang dimaksud dengan ilmu informatika (min
300)
Ilmu informatika adalah ilmu
yang mempelajari terkait penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis
data yang berurukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis
komputasi. Ilmu informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya
dalam pengembangan sistem komputer. Bidang yang dicakup oleh ilmu informatika
ada teknologi informasi dan komunikasi, sistem komputer, jaringan komputer/internet,
analisis data, algoritma dan pemrograman, dampak sosial informatika, praktika
lintas bidang, dan berpikir komputasional. Berpikir komputasional merupakan
landasan berpikir untuk belajar informatika. Istilah lain dari informatika dalan
bahasa Inggris adalah informatics,
computing, computer science. Belajar informatika itu penting dikarenakan kita,
manusia hidup di era digital yang disebut Industri 4.0. Penting untuk kita
mengetahui hal-hal terkait informatika sejak dini karena dunia akan terus
berkembang dan dalam upaya menggapai cita-cita kita yang juga ikut berkembang
karena teknologi ini kita harus belajar informatika. Selain untuk menggapai
cita-cita, kita dapat memanfaatkan informatika untuk mengatasi berbagai persoalan.
Selain belajar mengenai teknologi komputer dan sistem yang dibangun menggunakan
teknologi komputer, kita juga akan belajar cara memanfaatkan teknologi tersebut
dengan baik dan juga teori untuk memahami cara kerjanya. Belajar informatika
juga tidak harus memakai komputer, dapat melalui metode un-plug. Sejak tahun 1970 an, istilah informatika
(informatics) semakin sering digunakan sebagai aplikasi teknologi informasi
pada berbagai bidang contohnya seperti informatika hukum, informasi lingkungan,
informasi kesehatan dan informatika sosial. Karangan ini menguraikan penjelasan
singkat tentang informatika dengan merujuk ke latar belakang sejarah, identitas
disiplin ilmu, aspek, aplikasi dan tantangan dasar. Istilah informatics yang digunakan dalam laporan kepresidenan AS
seperti disebutkan di atas sebenarnya berasal dari istilah Prancis informatiqus. Adapun istilah informatique diciptakan oleh Dreyfus pada bulan Maret
1962 (Dreydus, 1962) bersama-sama berbagai terjemahannya seperti informatics (Inggris), informatik (Jerman), informatica (Italia, Spanyol) (Fourman, 2003).
Kesemua istilah tersebut merujuk ke aplikasi komputer untuk menyimpan dan
memproses informasi (lihat juga Bauer 1996). Informatika berkaitan dengan
mata pelajaran yang lain karena ahl-hal sehari-hari mulai dari pendataan penduduk,
pencarian moda transportasi dan lain-lain tidak bisa dilepaskan dari
informatika.
2.
Sebutkan 5 Dampak Positif Informatika buat kamu
sebagai pelajar SMP
1.
Pengelolaan kegiatan keseharian
2.
Mengembangkan kemampuan belajar mandiri
3.
Mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi
4.
Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan
mengantisipasi perkembangan TIK
5.
Memudahkan pembelajaran
3.
Sebutkan 5 Dampak Negatif Informatika buat kamu
sebagai pelajar SMP
1.
Konten vulgar yang berada di internet secara bebas
2.
Cyberbullying
3.
Hoax
4.
Pencurian data
5.
Berkurangnya aktivitas sosial
4.
Jelaskan cara membuat program sederhana yang kamu
ketahui (min 300)
Cara
membuat program sederhana menggunakan scratch. Scratch adalah sebuah bahasa
pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula untuk
belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis.
Layanan ini dikembangkan oleh MIT Media Lab. Dengan Scratch kitab isa membuat
animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain. Jika ingin menggunakan versi
web dapat kunjungi alamatnya di https://scratch.mit.edu. kemudian pilih menu Create. Jika ingin menggunakan versi desktp,
kalian perlu mendownload Scratch Editor dan Adobe Air. Nah sekarang mari berkenalan
dengan Scratch Development Environment, tempat di mana membuat program kreatif
menggunakan logika pemrograman tanpa perlu ribet. Blok blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan atau tampil
di canvas (bisa juga disebut Window). Di dalam canvas terdapat
logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan
memberhentikan program. Sprite adalah gambar atau objek yang bisa
diprogram. Menu New Sprite ini akan berisikan blok-blok perintah yang
dirancang agar menjadi interaktif seperti bergerak, memiliki suara, dan lain
lain. Kalian juga bisa mengganti dan menambah Spritedi menu New
sprite dan pilih Choose sprite from library. Di sana akan
ada banyak pilihan Sprite yang telah disediakan Scratch. Bisa
juga menggunakan Sprite di luar Scratch. Pilih menu Upload
sprite from file. Backdrop adalah gambar latar belakang
pada canvas. Backdrop bisa diganti di bagian Stage yang
terletak sebelah kiri dari tempat Sprite. Pada menu New
backdrop kalian bisa pilih backdrop yang sudah
disediakan Scratch, yaitu di Choose backdrop from library atau
bisa juga memilih backdrop yang ada di luar Scratch.
Pilih Upload backdrop from file. Stage dapat diisi blok
blok perintah, kecuali block motion. Scripts adalah
kumpulan blok blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram.
Masing-masing blok memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Motion Blocks digunakan
untuk menggerakan Sprite, seperti perintah Move 10 step.
Perintah tersebut menggerakan Sprite sebanyak 10 langkah. Looks
Blocks digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan
pada program. Misalnya mengganti kostum pada Sprite atau
mengganti Backdrop. Sound Blocks digunakan untuk memberikan
suara pada Sprite ataupun Stage. Seperti contoh
memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada
program. Pen Blocks digunakan untuk memberikan jejak pada Sprite ketika Spritetersebut
bergerak. Data Blocks digunakan untuk menyimpan data pada program
menggunakan variabel. Contoh penggunaannya seperti pada game bola,
di mana game terserbut perlu menyimpan score pemain. Variabel lah
yang akan menyimpan score tersebut dan menampilkan nya
di canvas. Event Blocks adalah salah satu blok yang
sangat penting dalam membuat program, karena di dalamnya ada perintah When
green flag clicked yang artinya ketika bendera hijau pada canvas di-klik,
semua script di dalamnya akan dieksekusi. Blok ini berfungi untuk men trigger script
agar berjalan. Control Blocks digunakan untuk mengontrol script. Script dapat
dikontrol dengan perintah seperti repeat 10 yang artinya
ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali. Sensing
Blocks digunakan untuk mendeteksi objek. Operators Blocks digunakan
untuk melakukan operasi matematika. Setelah mengenal Scratch Development Environment,
kini saatnya kita memprogram! Caranya, kita hanya perlu drag dan drop blok-blok
kode tersebut namun rangkaian blok tersebut harus sesuai dengan logika yang
benar.
5. Apakah yang dimaksud Computational Thinking (min 300)
Computational thinking atau berpikir komputasional adalah metode
menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer seperti yang
saya sudah singgung sebelumnya, computational thinking merupakan landasan berpikir
untuk belajar informatika. Berpikir komputasional thinking ini merupakan seuatu
kerangka dan proses berpikira yang mencakup perangkat kerat, perangkat lunak,
dan menalar atau reasoning mengenai sistem dan persoalan. Pola berpikir ini
sama dengan cara kerja suatu teknologi yang di mana akan menerima tugas dan
menyelesaikannya dengan cepat dan efektif. Dalam sebuah kehidupan yang kita
jalani, baik itu menggunakan komputer atau tidak, kita harus mampu berpikir
seperti komputer yang mampu memahami suatu hal atau masalah dengan cepat sehingga
bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan cepat. Berpikir
komputasional tidak harus menggunakan komputer. Berpikir komputasional memang
tidak mudah dan membutuhkan usaha yang lebih tetapi kira harus yakin bahwa kitab
isa mengubah pola berpikir kita menjadi pola berpikir komputasional. Salah satu
karakteristik berpikir komputasional adalah memahami bukan menghafal. Banyak
pelajar Indonesia yang salah kaprah dalam mempelajari sesuatu dan malah hanya
mengingatnya, membuat ia mengerti hal tersebut hanya saat ulangan dan akhirnya
lupa. Seharusnya dengan memahami dasarnya, ia dapat terus maju dengan ingatan dan
pemahaman kuat akan materi tersebut dan dapat lebih mudah menyelesaikan suatu
masalah karena sudah paham akarnya. Teknik dasar dari berpikir komputasional
ada empat. Yang pertama dekomposisi yaitu metode yagunakan untuk memecahkan
masalah yang besar dan kompleks mennjadi masalah yang lebih kecil, sehingga
lebih mudah untuk diselesaikan. Penggunaan dekomposisi juga memberikan kemudahan
dalam melakukan sebuah inovasi. Yang kedua yaitu pengenalan pola yaitu untuk
menemukan keteraturan dalam data dan memperoleh informasi penting dan memahami
keteraturan yang telah ditemukan. Selanjutnya abstraksi yang merupakan salah
satu proses metode berfikir komputasional yang memfokuskan kepada hal-hal yang
relevan dengan masalah yang dihadapi dan mengabaikan hal-hal yang tidak
diperlukan dalam penyelesaian masalah. Yang terakhir yaitu algoritma. Algoritma
adalah berfikir dengan menggunakan rencana dan Langkah-langkah instruksi secara
sistematis yang dijalankan untuk menyelesaikan masalah.
6.
Mengapa Computational Thinking penting diajari
sejak dini
Dengan
berlatih menyelesaikan persoalan kecil sederhana sejak kecil, hal itu dapat
berkembang kemampuanya untuk menyelesaikan persoalan yang lebih besar dan
kompleks pada hari mendatang nanti.
7.
Bagaimana cara kamu memanfaatkan media sosial
secara baik dan benar
1.
Jaga informasi yang bersifat privasi
2.
Jaga etika erkomunikasi
3.
Bijak memilih teman di medsos
4.
Jangan asal mengunggah
5.
Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten ketika
membagikan sesuatu
6.
Tetap waspada
8.
Apa yang dimaksud dengan hoaks atau berita bohong
Berita yang
tidak nyata tetapi dibuat-buat seolah ada
9.
Cara memasukkan file presentasi ke dalam blog Pribadi
1.
Mendowload file ppt
2.
Membuka situs slideshare.net
3.
Klik upload
4.
Mengisi bagian judul, deskripsi, kategori, dan tags
5.
Lalu menyalin link dari hasil ppt yang sudah di
upload
6.
Menaruh link tsb di blog “PPT informatika”
10.
Apa yang Disukai dari Pelajaran Informatika
Prakteknya
dan ilmu-ilmu bermanfaatnya
luar biasa
ReplyDelete