Soal-soal Essay Informatika kelas 7


1.      Apakah yang dimaksud dengan ilmu informatika (min 300)

Ilmu informatika adalah ilmu yang mempelajari terkait penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berurukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Ilmu informatika mencakup pemodelan dari komputasi dan aplikasinya dalam pengembangan sistem komputer. Bidang yang dicakup oleh ilmu informatika ada teknologi informasi dan komunikasi, sistem komputer, jaringan komputer/internet, analisis data, algoritma dan pemrograman, dampak sosial informatika, praktika lintas bidang, dan berpikir komputasional. Berpikir komputasional merupakan landasan berpikir untuk belajar informatika. Istilah lain dari informatika dalan bahasa Inggris adalah  informatics, computing, computer science. Belajar informatika itu penting dikarenakan kita, manusia hidup di era digital yang disebut Industri 4.0. Penting untuk kita mengetahui hal-hal terkait informatika sejak dini karena dunia akan terus berkembang dan dalam upaya menggapai cita-cita kita yang juga ikut berkembang karena teknologi ini kita harus belajar informatika. Selain untuk menggapai cita-cita, kita dapat memanfaatkan informatika untuk mengatasi berbagai persoalan. Selain belajar mengenai teknologi komputer dan sistem yang dibangun menggunakan teknologi komputer, kita juga akan belajar cara memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik dan juga teori untuk memahami cara kerjanya. Belajar informatika juga tidak harus memakai komputer, dapat melalui metode un-plug.  Sejak tahun 1970 an, istilah informatika (informatics) semakin sering digunakan sebagai aplikasi teknologi informasi pada berbagai bidang contohnya seperti informatika hukum, informasi lingkungan, informasi kesehatan dan informatika sosial. Karangan ini menguraikan penjelasan singkat tentang informatika dengan merujuk ke latar belakang sejarah, identitas disiplin ilmu, aspek, aplikasi dan tantangan dasar. Istilah informatics yang digunakan dalam laporan kepresidenan AS seperti disebutkan di atas  sebenarnya berasal dari istilah Prancis informatiqus. Adapun istilah informatique diciptakan oleh Dreyfus pada bulan Maret 1962 (Dreydus, 1962) bersama-sama berbagai terjemahannya seperti informatics (Inggris), informatik (Jerman), informatica (Italia, Spanyol) (Fourman, 2003).  Kesemua istilah tersebut merujuk ke aplikasi komputer untuk menyimpan dan memproses informasi (lihat juga Bauer 1996). Informatika berkaitan dengan mata pelajaran yang lain karena ahl-hal sehari-hari mulai dari pendataan penduduk, pencarian moda transportasi dan lain-lain tidak bisa dilepaskan dari informatika.

 

2.      Sebutkan 5 Dampak Positif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP

1.      Pengelolaan kegiatan keseharian

2.      Mengembangkan kemampuan belajar mandiri

3.      Mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi

4.      Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK

5.      Memudahkan pembelajaran

 

3.      Sebutkan 5 Dampak Negatif Informatika buat kamu sebagai pelajar SMP

1.      Konten vulgar yang berada di internet secara bebas

2.      Cyberbullying

3.      Hoax

4.      Pencurian data

5.      Berkurangnya aktivitas sosial

 

4.      Jelaskan cara membuat program sederhana yang kamu ketahui (min 300)

Cara membuat program sederhana menggunakan scratch. Scratch adalah sebuah bahasa pemrograman visual untuk lingkungan pembelajaran yang memungkinkan pemula untuk belajar membuat program tanpa harus memikirkan salah-benar penulisan sintaksis. Layanan ini dikembangkan oleh MIT Media Lab. Dengan Scratch kitab isa membuat animasi, permainan, dan kreasi menarik yang lain. Jika ingin menggunakan versi web dapat kunjungi alamatnya di https://scratch.mit.edu. kemudian pilih menu Create. Jika ingin menggunakan versi desktp, kalian perlu mendownload Scratch Editor dan Adobe Air. Nah sekarang mari berkenalan dengan Scratch Development Environment, tempat di mana membuat program kreatif menggunakan logika pemrograman tanpa perlu ribet. Blok blok kode yang sudah kalian rancang akan berjalan atau tampil di canvas (bisa juga disebut Window). Di dalam canvas terdapat logo bendera hijau dan lingkaran merah yang berfungsi untuk menjalankan dan memberhentikan program. Sprite adalah gambar atau objek yang bisa diprogram. Menu New Sprite ini akan berisikan blok-blok perintah yang dirancang agar menjadi interaktif seperti bergerak, memiliki suara, dan lain lain. Kalian juga bisa mengganti dan menambah Spritedi menu New sprite dan pilih Choose sprite from library. Di sana akan ada banyak pilihan Sprite yang telah disediakan Scratch. Bisa juga menggunakan Sprite di luar Scratch. Pilih menu Upload sprite from file. Backdrop adalah gambar latar belakang pada canvasBackdrop bisa diganti di bagian Stage yang terletak sebelah kiri dari tempat Sprite. Pada menu New backdrop kalian bisa pilih backdrop yang sudah disediakan Scratchyaitu di Choose backdrop from library atau bisa juga memilih backdrop yang ada di luar Scratch. Pilih Upload backdrop from file. Stage dapat diisi blok blok perintah, kecuali block motion. Scripts adalah kumpulan blok blok perintah yang akan kalian gunakan untuk memprogram. Masing-masing blok memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Motion Blocks digunakan untuk menggerakan Sprite, seperti perintah Move 10 step. Perintah tersebut menggerakan Sprite sebanyak 10 langkah. Looks Blocks digunakan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan tampilan pada program. Misalnya mengganti kostum pada Sprite atau mengganti Backdrop. Sound Blocks digunakan untuk memberikan suara pada Sprite ataupun Stage. Seperti contoh memberikan suara pada kucing dan memberi backsound pada program. Pen Blocks digunakan untuk memberikan jejak pada Sprite ketika Spritetersebut bergerak. Data Blocks digunakan untuk menyimpan data pada program menggunakan variabel. Contoh penggunaannya seperti pada game bola, di mana game terserbut perlu menyimpan score pemain. Variabel lah yang akan menyimpan score tersebut dan menampilkan nya di canvas. Event Blocks adalah salah satu blok yang sangat penting dalam membuat program, karena di dalamnya ada perintah When green flag clicked yang artinya ketika bendera hijau pada canvas di-klik, semua script di dalamnya akan dieksekusi. Blok ini berfungi untuk men trigger script agar berjalan. Control Blocks digunakan untuk mengontrol scriptScript dapat dikontrol dengan perintah seperti repeat 10 yang artinya ulangi script di dalam repeat sebanyak 10 kali. Sensing Blocks digunakan untuk mendeteksi objek. Operators Blocks digunakan untuk melakukan operasi matematika. Setelah mengenal Scratch Development Environment, kini saatnya kita memprogram! Caranya, kita hanya perlu drag dan drop blok-blok kode tersebut namun rangkaian blok tersebut harus sesuai dengan logika yang benar.

 

5.      Apakah yang dimaksud Computational Thinking (min 300)

Computational thinking atau berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer seperti yang saya sudah singgung sebelumnya, computational thinking merupakan landasan berpikir untuk belajar informatika. Berpikir komputasional thinking ini merupakan seuatu kerangka dan proses berpikira yang mencakup perangkat kerat, perangkat lunak, dan menalar atau reasoning mengenai sistem dan persoalan. Pola berpikir ini sama dengan cara kerja suatu teknologi yang di mana akan menerima tugas dan menyelesaikannya dengan cepat dan efektif. Dalam sebuah kehidupan yang kita jalani, baik itu menggunakan komputer atau tidak, kita harus mampu berpikir seperti komputer yang mampu memahami suatu hal atau masalah dengan cepat sehingga bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan cepat. Berpikir komputasional tidak harus menggunakan komputer. Berpikir komputasional memang tidak mudah dan membutuhkan usaha yang lebih tetapi kira harus yakin bahwa kitab isa mengubah pola berpikir kita menjadi pola berpikir komputasional. Salah satu karakteristik berpikir komputasional adalah memahami bukan menghafal. Banyak pelajar Indonesia yang salah kaprah dalam mempelajari sesuatu dan malah hanya mengingatnya, membuat ia mengerti hal tersebut hanya saat ulangan dan akhirnya lupa. Seharusnya dengan memahami dasarnya, ia dapat terus maju dengan ingatan dan pemahaman kuat akan materi tersebut dan dapat lebih mudah menyelesaikan suatu masalah karena sudah paham akarnya. Teknik dasar dari berpikir komputasional ada empat. Yang pertama dekomposisi yaitu metode yagunakan untuk memecahkan masalah yang besar dan kompleks mennjadi masalah yang lebih kecil, sehingga lebih mudah untuk diselesaikan. Penggunaan dekomposisi juga memberikan kemudahan dalam melakukan sebuah inovasi. Yang kedua yaitu pengenalan pola yaitu untuk menemukan keteraturan dalam data dan memperoleh informasi penting dan memahami keteraturan yang telah ditemukan. Selanjutnya abstraksi yang merupakan salah satu proses metode berfikir komputasional yang memfokuskan kepada hal-hal yang relevan dengan masalah yang dihadapi dan mengabaikan hal-hal yang tidak diperlukan dalam penyelesaian masalah. Yang terakhir yaitu algoritma. Algoritma adalah berfikir dengan menggunakan rencana dan Langkah-langkah instruksi secara sistematis yang dijalankan untuk menyelesaikan masalah.

 

6.      Mengapa Computational Thinking penting diajari sejak dini

Dengan berlatih menyelesaikan persoalan kecil sederhana sejak kecil, hal itu dapat berkembang kemampuanya untuk menyelesaikan persoalan yang lebih besar dan kompleks pada hari mendatang nanti.

 

7.      Bagaimana cara kamu memanfaatkan media sosial secara baik dan benar

1.      Jaga informasi yang bersifat privasi

2.      Jaga etika erkomunikasi

3.      Bijak memilih teman di medsos

4.      Jangan asal mengunggah

5.      Cari kebenaran dan cantumkan sumber konten ketika membagikan sesuatu

6.      Tetap waspada

 

8.      Apa yang dimaksud dengan hoaks atau berita bohong

Berita yang tidak nyata tetapi dibuat-buat seolah ada

 

9.      Cara memasukkan file presentasi ke dalam blog Pribadi

1.      Mendowload file ppt

2.      Membuka situs slideshare.net

3.      Klik upload

4.      Mengisi bagian judul, deskripsi, kategori, dan tags

5.      Lalu menyalin link dari hasil ppt yang sudah di upload

6.      Menaruh link tsb di blog “PPT informatika”

 

10.   Apa yang Disukai dari Pelajaran Informatika

Prakteknya dan ilmu-ilmu bermanfaatnya

Comments

Post a Comment

Popular Posts