Rangkuman bab 7, Algoritma dan Pemrograman

 Pengertian


1. Algortima adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu

   Contohnya sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung, membuat telur mata sapi, mencangkok tanaman, dan lain-lain 

   Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia juga komputer

2.Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web.


Alasan harus belajar programming

1. Membangun keterampilan yang berguna untuk belajar di bidang lainnya

2.Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing

3. Zaman sekaranag, dan di masa yang akan datang, diprediksi akan banyak lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming

4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan kemampuan programming

5. Ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan membutuhkan komputer

6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa batas


Sejarah

   Algoritma berasal dari nama penulis buku, yakni Abu Ja`far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi yang berasal dari Uzbekistan. Orang Barat menyebut Al-Khwarizmi dengan Algorism.Pada saat itu, Al-Khwarizmi menulis buku dengan judul Al Jabar wal-Muqabala yang artinya `Buku Pemugaran dan Pengurangan` (The book of Restoration and Reduction). Dari judul buku tersebut, kita juga memperoleh kata “aljabar” atau biasa dikenal dengan algebra.

   Pada tahun 1950, kata algoritma pertama kali digunakan pada "algoritma Euclidean" (Euclid`s algorithm). Euclid, seorang matematikawan Yunani (lahir pada tahun 350 M), dalam bukunya yang berjudul Element menuliskan langkah-langkah untuk menemukan pembagi bersama terbesar (common greatest divisor atau gcd), dari dua buah bilangan bulat, m dan n [KNU73]


Ciri-ciri Algoritma

1.      Memiliki sebuah input

2.      Membutuhkan suatu proses tertentu

3.      Merupakan pola pikiran dan pola logis yang menghasilkan output

4.      Memiliki instrulsi yang tegas dan jelas

5.      Memiliki stoppping role (titik berhenti)


Sifat Penting

1.      Tidak menggunakan simbol atau bahasa pemrogramman tertentu

2.      Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman

3.      Notasi yang digunakan universal


Syarat Algoritma
Beberapa syarat yang harus dimiliki oleh algoritma yaitu :
1. General, artinya algoritma yang dibuat harus bersifat umum, tidak bersifat kasuistis.
2. Finiteness, algoritma harus mempunyai akhir.
3. Efisien, Algoritma yang dibuat harus efisien, karena dalam satu permasalahan yang ada dapat ditemukan kemungkinan solusi, harus dipilih yang paling efisien.


Scratch

  Dapat diakses secara online, dapat melalui halaman: https://scratch.mit.edu/. Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download

  Fungsinya agar kita dapat mengembangkan sebuah program sederhana berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari, dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara sistematis dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup bermasyarakat saat ini


Flowchart

   Adalah sebuah bentuk gambar ataupun diagram yang memiliki aliran satu atau dua arah yang berlaku secara urutan dan berkesinambungan.

   Fungsi utama dari flowchart adalah untuk menggambarkan sebuah rencana program berdasarkan pola berpikir kita nerdasarkan algortima

   Contoh flowchart dalam kegiatan sehari-hari adalah flowchart kelulusan dan berobat ke dokter

Jenis-jenis Flowchart



Contoh Flowchart dari Kegiatan yang Biasa Kita Temui Sehari-hari

1.     Flowchart kelulusan

2.     Flowchart berobat ke dokter


Jenis-jenis Flowchart

1.     Flowchart Sistem (System Flowchart)

Bagian yang menunjukkan proses pekerjaan di dalam sistem.

 

2.     Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Diagram alur yan menggambarkan proses dari laporan dan formular lengkap dengan tembusan-tembusannya.

 

3.     Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

Seperti flowchart sistem tetapu memiliki simbol yang lebih banyak.

 

4.     Flowchart Program (Program Flowchart)

Bagian alur yang menggambarkan tahapan dalam proses sebuah program.

Penggunaan Algoritam dan Flowchart dalam Program

1.     Membuat algoritma dan flowchart luas segitiga.

·       Masukkan nilai alas segitiga

·       Masukkan nilai tinggi segitiga

·       Menghitung luar segitiga

·       Tampilkan nilai L (luas) sebagai output

 

2.     Membuat algoritma dan flowchart luas persegi panjang.

·       Masukkan nilai Panjang

·       Masukkan nilai lebar

·       Hitung luas dengan rumus

·       Tampilkan hasil rumus
















Comments

Post a Comment

Popular Posts