Rangkuman bab 7, Algoritma dan Pemrograman
Pengertian
1. Algortima adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu
Contohnya sederhana dalam kehidupan sehari-hari adalah
langkah untuk membeli tiket bioskop secara langsung, membuat telur mata sapi,
mencangkok tanaman, dan lain-lain
Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia juga
komputer
2.Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak
komputer, aplikasi, dan situs web.
Alasan harus belajar programming
1. Membangun keterampilan yang berguna untuk belajar di bidang lainnya
2.Belajar pemrograman sama bergunanya seperti belajar bahasa asing
3. Zaman sekaranag, dan di masa yang akan datang, diprediksi akan banyak
lapangan kerja yang membutuhkan kemampuan programming
4. Pertumbuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang lain yang membutuhkan
kemampuan programming
5. Ilmu yang terpakai di semua bidang karena semua bidang akan
membutuhkan komputer
6. Coding adalah seni terbaru dan membuat kalian akan berkreasi tanpa
batas
Sejarah
Algoritma berasal dari nama penulis
buku, yakni Abu Ja`far Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi yang berasal dari
Uzbekistan. Orang Barat menyebut Al-Khwarizmi dengan Algorism.Pada saat itu,
Al-Khwarizmi menulis buku dengan judul Al Jabar wal-Muqabala yang artinya `Buku
Pemugaran dan Pengurangan` (The book of Restoration and Reduction). Dari judul
buku tersebut, kita juga memperoleh kata “aljabar” atau biasa dikenal dengan
algebra.
Pada tahun 1950, kata algoritma
pertama kali digunakan pada "algoritma Euclidean" (Euclid`s algorithm). Euclid, seorang
matematikawan Yunani (lahir pada tahun 350 M), dalam bukunya yang
berjudul Element menuliskan langkah-langkah untuk menemukan
pembagi bersama terbesar (common greatest divisor atau gcd), dari
dua buah bilangan bulat, m dan n [KNU73]
Ciri-ciri Algoritma
1. Memiliki
sebuah input
2. Membutuhkan
suatu proses tertentu
3. Merupakan
pola pikiran dan pola logis yang menghasilkan output
4. Memiliki
instrulsi yang tegas dan jelas
5. Memiliki
stoppping role (titik berhenti)
Sifat Penting
1. Tidak
menggunakan simbol atau bahasa pemrogramman tertentu
2. Tidak
tergantung pada suatu bahasa pemrograman
3. Notasi yang digunakan universal
Syarat Algoritma
Beberapa syarat yang harus dimiliki oleh
algoritma yaitu :
1. General, artinya algoritma yang dibuat harus
bersifat umum, tidak bersifat kasuistis.
2. Finiteness, algoritma harus mempunyai akhir.
3. Efisien, Algoritma yang dibuat harus efisien,
karena dalam satu permasalahan yang ada dapat ditemukan kemungkinan solusi,
harus dipilih yang paling efisien.
Scratch
Dapat diakses secara online, dapat melalui halaman:
https://scratch.mit.edu/. Instalasi aplikasi dapat mengunduh terlebih dulu
aplikasinya melalui halaman: https://scratch.mit.edu/download
Fungsinya agar kita dapat mengembangkan sebuah program sederhana
berisi cerita, games, maupun animasi interaktif sesuai kehidupan sehari-hari,
dapat mengasah kemampuan berpikir kreatif, mampu memberikan alasan secara
sistematis dan berkolaborasi yang merupakan kemampuan penting dalam hidup
bermasyarakat saat ini
Flowchart
Adalah sebuah bentuk gambar ataupun diagram yang memiliki
aliran satu atau dua arah yang berlaku secara urutan dan berkesinambungan.
Fungsi utama dari flowchart adalah untuk menggambarkan
sebuah rencana program berdasarkan pola berpikir kita nerdasarkan algortima
Contoh flowchart dalam kegiatan sehari-hari adalah
flowchart kelulusan dan berobat ke dokter
Jenis-jenis Flowchart
Contoh Flowchart dari Kegiatan yang Biasa Kita Temui Sehari-hari
1.
Flowchart kelulusan
2.
Flowchart berobat ke dokter
Jenis-jenis Flowchart
1.
Flowchart Sistem (System Flowchart)
Bagian yang menunjukkan proses pekerjaan
di dalam sistem.
2.
Flowchart Dokumen (Document Flowchart)
Diagram alur yan menggambarkan proses
dari laporan dan formular lengkap dengan tembusan-tembusannya.
3.
Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)
Seperti flowchart sistem tetapu
memiliki simbol yang lebih banyak.
4.
Flowchart Program (Program Flowchart)
Bagian alur yang menggambarkan tahapan
dalam proses sebuah program.
Penggunaan Algoritam dan Flowchart dalam Program
1.
Membuat algoritma dan flowchart luas segitiga.
· Masukkan nilai alas
segitiga
· Masukkan nilai tinggi
segitiga
· Menghitung luar
segitiga
· Tampilkan nilai L (luas)
sebagai output
2.
Membuat algoritma dan flowchart luas persegi panjang.
· Masukkan nilai Panjang
· Masukkan nilai lebar
· Hitung luas dengan
rumus
· Tampilkan hasil rumus
terima kasih
ReplyDelete